Pada saat mengembangkan sebuah aplikasi menggunakan Flutter, maka akan ada banyak sekali jenis package yang dapat kita gunakan. Kita juga pernah membahas mengenai 5 packages lain yaitu pada Flutter Insight: Top 5 Package pada Flutter. 

Dengan menggunakan package, proses pengembangan sebuah aplikasi dapat berjalan lebih mudah dan cepat. Pada tips kali ini kita akan membahas mengenai top 5 packages yang pastinya akan sangat membantu seorang Flutter Developer dalam mengembangkan aplikasi.

1. Flutter SVG

Package yang pertama yaitu Flutter SVG. Dengan menggunakan package tersebut, kita dapat memuat sebuah icon dengan resolusi yang lebih baik jika dibandingkan dengan png. Selain itu, format SVG juga lebih ringan dibanding dengan png.

2. Google Sign In

Flutter juga menyediakan sebuah package yang dapat memudahkan kita dalam menambahkan fitur sign in dengan menggunakan akun google. Selain itu, kita dapat menggunakan package ini pada platform iOS dan Android.

3. Video Player

Package yang ketiga yaitu video player. Dengan menggunakan package ini, kita dapat memasukkan sebuah video yang dapat dijalankan pada aplikasi Flutter kita.

4. Pull to Refresh

Sesuai namanya, packagePull to Refresh memungkinkan kita untuk memberikan kemudahan jika ingin menambahkan fitur refresh pada aplikasi kita. Jika ada sebuah update tertentu atau update pada aplikasi kita, fitur pull to refresh dapat memperlihatkan perubahan yang ada pada sekali pull.

5. Flutter Table Calendar

Package yang terakhir yaitu Flutter table calendar. Dengan menggunakan package ini, kita dapat menambahkan fitur kalender pada aplikasi yang kita kembangkan.

6. Flutter Facebook Authentication

Selain dapat menggunakan Google Sign In, Flutter juga memberikan kemudahan pada developer jika ingin menggunakan Facebook authentication. Sehingga user dapat login dengan menggunakan akun Facebook.

7. Flutter Just Audio

Jika kita ingin menambahkan sebuah audio ke dalam aplikasi Flutter, kita dapat menggunakan package just audio dari Flutter ini.

Nah, itu adalah 7 package yang dapat kita gunakan untuk membuat fitur di dalam aplikasi Flutter kita semakin menarik.

Oiya, jika kita ingin belajar lebih dalam mengenai Flutter, kita bisa mengikuti kelas Flutter Developer: Provider State Management. Pada kelas itu kita akan belajar membuat aplikasi menggunakan Flutter dengan studi kasus pencarian kerja IT secara online dan belajar bagaimana mengimplementasikan State Management dengan Provider.

Silahkan mencoba dan selamat belajar!