Hello people with the spirit of learning.

Pada flutter, ada berbagai macam jenis package yang dapat mempermudah dan mempercepat proses kita dalam mengembangkan aplikasi. Semua package yang kita butuhkan dapat kita temukan di website Flutter Packages. Nah kali ini, kita akan membahas mengenai 5 package-package yang menarik untuk dapat kita gunakan.

1. Google Fonts

Kita dapat mengakses packages Google Fonts dengan link berikut: Package Google Fonts

Package Google Fonts ini berfungsi agar kita dapat menggunakan fonts dari Google Fonts agar tampilan teks menjadi lebih menarik. Ada berbagai macam pilihan fonts yang dapat kita pilih sesuai dengan style yang kita inginkan.

2. Email Validator

Kita dapat mengakses packages Email Validator dengan link berikut: Email Validator Packages

Package Email Validator ini dapat kita gunakan jika kita ingin membuat sebuah validasi pada form email yang telah kita buat seperti contoh pada gambar di atas.

3. Shimmer

Kita dapat mengakses Packages Shimmer dengan link berikut: Shimmer Flutter Packages

Package Shimmer ini dapat memberikan efek shimmer(berkilau) pada project yang sedang kita buat. Seperti jika sedang loading sesuatu, maka kita dapat menambahkan package ini ke dalamnya agar tampilannya lebih menarik dan hidup seperti terlihat pada contoh gambar di atas.

4. Slidable

Kita dapat mengakses Packages Slidable dengan link berikut: Flutter Slidable Packages

Package Slidable akan sangat berguna jika kita ingin membuat sebuah list item kita dapat memiliki menu tambahan seperti remove, share, archive dan lain sebagainya cukup dengan menggeser list item tersebut ke kanan atau ke kiri seperti contoh di atas.

5. Expandable

Kita dapat mengakses Packages Expandable dengan link berikut: Flutter Expandable Packages

Package Expandable dapat membuat widget kita diperluas dan diperkecil hanya dengan satu klik saja, sehingga hal tersebut akan menghemat ruang halaman yang kita buat.

Nah, itu adalah 5 package yang dapat kita gunakan untuk membuat fitur di dalam aplikasi Flutter kita semakin menarik.

Oiya, kalau kamu mau belajar lebih dalam mengenai Flutter, kamu bisa mengikuti kelas Flutter Developer: Provider State Management. Pada kelas itu kita akan belajar membuat aplikasi menggunakan Flutter dengan studi kasus pencarian kerja IT secara online dan belajar bagaimana mengimplementasikan State Management dengan Provider.

Silahkan mencoba dan selamat belajar!