Saat ini sumber belajar IT khususnya design dan coding sudah banyak tersedia di internet. Dengan mudahnya kita bisa mendapat ilmu hanya dengan googling melalui smartphone. Berkat kemajuan teknologi, Developer yang berpengalaman bisa sharing pengetahuan mereka di berbagai platform online. Siapa pun yang berniat menjadi Developer profesional, bisa langsung mengunjungi platform tersebut kapan saja mereka butuhkan. Faktor terpenting dalam mendalami development adalah niat yang kuat untuk terus belajar dan berlatih membangun project. Berikut adalah rekomendasi belajar dari Kami, yang diantaranya bahkan gratis namun bisa Anda aplikasikan untuk membuat project yang berguna. Selamat membaca & semoga bermanfaat! 😊

1. Stackoverflow dan GitHub

By stackoverflow

Untuk Anda yang masih pemula, kemungkinan besar akan menghadapi banyak kendala saat mengembangkan aplikasi. Salah satu solusi yang mungkin bisa membantu adalah dengan bergabung ke Stackoverflow. Dengan menjadi bagian dari komunitasnya, Anda bisa mendapatkan informasi terbaru terkait teknologi dan juga jawaban atas permasalahan yang dialami saat coding. Banyak Developer yang berpengalaman secara sukarela menjadi kontributor di Stackoverflow, dan Anda pun juga bisa melakukan hal yang sama agar bisa membantu Developer lainnya. Tulisan pada blog, artikel, atau bahkan video tutorial bisa menambah banyak pengetahuan Developer, namun pengalaman-pengalaman asli yang dituangkan melalui Stackoverflow bisa jadi lebih tepat sasaran untuk menyelesaikan masalah yang kerap dialami Developer.

By GitHub

Selain Stackoverflow, Anda juga bisa memperoleh insight dengan mempelajari repo milik Developer lain melalui GitHub. Anda bisa melihat keseluruhan sistem apa saja yang dipakai Developer lain dalam membangun aplikasi atau website, lengkap dari front-end sampai back-end. Bila Anda tertarik menggunakan suatu repo, Anda cukup pakai fitur forking yang mana tidak akan mengubah repo utama. Dan yang terpenting, sebagai bentuk apresiasi, selalu ingat untuk berikan star dan pesan kepada Developer pemilik akun GitHub tersebut.

2. YouTube

By BWA

Saat ini YouTube sudah menjadi sarana umum untuk belajar apa pun yang Kita mau. Para Developer juga bisa belajar banyak dari YouTube, lho. Dari banyak channel IT yang aktif saat ini, seperti Programmer Zaman Now, CodePolitan dan Web Programming UNPAS, Anda bisa belajar banyak hal mengenai pemrograman jaman sekarang. Anda bisa betah belajar melalui Youtube karena video di platform ini punya ciri khas menarik dan materi yang disampaikan pas atau lebih ringan ketimbang materi belajar di sekolah. Selain itu, YouTube juga media yang interaktif karena sang content creator bisa melakukan live streaming untuk para subscriber atau penonton setia channel tersebut.

Sebagian besar konten pada YouTube tidak dipungut biaya untuk menontonnya, namun bukan berarti kontennya dibuat sembarangan, ya. Dari beberapa channel yang telah disebutkan, pembuatnya adalah para praktisi ahli di bidang IT, di mana melalui YouTube mereka sharing ilmu yang berdasarkan pengalaman pribadi dan hasil riset mendalam. Dunia IT itu sangat luas, maka tidak jarang pula mereka berkolaborasi dengan para Designer atau Developer lain agar lebih banyak lagi materi yang bisa disampaikan. Saat ini YouTube adalah platform dengan traffic kunjungan tertinggi dan semakin hari semakin banyak topik tentang IT yang bermunculan. Anda mungkin menggunakan YouTube saat ini untuk belajar, namun tidak menutup kemungkinan Anda showcase project melalui channel Anda suatu hari nanti. Semangat terus belajarnya, ya!

3. BuildWith Angga

By BuildWith Angga

BuildWith Angga atau yang biasa juga disebut BWA adalah platform belajar IT, dengan fokus pada materi design dan coding. Melalui BWA, Anda bisa belajar dari dasar hingga membuat project aplikasi yang bermanfaat. Ada banyak konten (webinar, e-book, artikel) dan materi belajar yang bisa dilihat secara gratis maupun berbayar. Namun jangan khawatir terkait jumlah biayanya, ya. Belajar di BWA terbilang berbeda dibanding dengan platform edukasi serupa, karena harga yang ditawarkan lebih terjangkau di mana hal ini sejalan dengan visi BWA yaitu belajar IT tidak harus mahal.

Untuk Anda yang ingin berprofesi di bidang IT, ada baiknya Anda memahami jenis pekerjaan apa yang diinginkan dengan membaca terlebih dulu HandBook BWA. Pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan bakat dan minat agar saat kerja Anda tidak mudah stres dan pekerjaan bisa diselesaikan dengan baik. Pada BWA ada banyak kelas untuk tingkatan pemula hingga mahir. Anda harus menguasai dasar-dasar untuk bisa membuat sebuah project yang utuh. Membuat aplikasi memang proses yang kompleks, namun jangan ragu untuk belajar di BWA karena ada Mentor yang siap membantumu membuat project keren yang bisa dipakai untuk melamar kerja. Bersama BWA, ayo bangun keahlianmu untuk masa depan! 😊