Bagi pemilik perusahaan, keuntungan utama mengadakan program magang, atau yang biasa dikenal internship, adalah untuk mendatangkan talenta muda yang berkualitas. Mereka dapat dikatakan sebagai lulusan yang 'melek' teknologi, memahami tool kerja terbaru, dan secara positif aktif di sosial media. Namun, ada kalanya perusahaan memberikan kesempatan magang murni sebagai bentuk kontribusi sosial kepada masyarakat. Apa pun alasannya, program magang adalah momen yang tepat bagi para lulusan khususnya fresh graduate untuk menyiapkan diri agar bisa bersaing di industri kerja yang kian hari semakin kompetitif. Untuk Kamu yang sedang bersiap-siap mencari pekerjaan, berikut adalah manfaat-manfaat magang yang perlu diketahui 🙌

1) Adaptasi dengan Lingkungan Profesional

By: Christina

Saat sedang magang, Kamu bisa mendapat pengetahuan terkait industri kerja dan mempraktikkan langsung prosedurnya. Kamu bisa mengerti sejauh mana teori yang diajarkan di bangku sekolah bisa diaplikasikan di dunia nyata. Bagaimana teori tersebut bisa benar-benar dipakai untuk membuat sebuah projek yang bermanfaat. Tidak hanya kemampuan yang bersifat teknis, ada banyak soft skill  yang bisa dilatih saat magang. Bertemu bos dan rekan kerja yang membina saat magang bisa membantu meningkatkan kemampuanmu berkomunikasi. Kamu juga belajar manajemen waktu yang baik, lewat membiasakan diri datang tepat waktu hingga mematuhi deadline pekerjaan. Bila Kamu terus mengembangkan soft skill, kemungkinan besar perusahaan apa pun bisa tertarik untuk merekrutmu. Kini teknologi semakin maju, maka mau tidak mau kita harus selalu belajar hal-hal baru. Dalam bekerja, kita bertemu banyak sekali orang dengan berbagai latar belakang, dengan dasar komunikasi yang baik dan benar tentunya bisa memudahkan proses pekerjaan kita dan kerjasama dalam bentuk apa pun dapat berjalan lancar. Maka, kolaborasi yang baik antara ilmu dan attitude bisa menjadikan Kamu kandidat yang berkualitas karena Kamu dianggap mampu mengikuti work culture perusahaan yang dilamar sesuai perkembangan jaman.

2) Bangun Portofolio dan Koneksi 😉

By: Krakenimages

Internship bisa membantu Kamu membangun hubungan profesional yang kelak bisa jadi referensi bagus untuk masa depan. Hasil kerja saat magang, bisa diceritakan melalui sebuah portofolio sebagai bukti telah mengikuti internship secara memuaskan. Saat magang, cobalah untuk meninggalkan kesan baik, seperti dengan selalu menunjukkan antusiasme dan inisiatif lebih saat bekerja. Bila berhasil, Kamu akan dianggap memiliki potensi lebih dan bisa pula dipercaya untuk menjadi karyawan tetap. Dengan mengenal para praktisi yang ahli, Kamu bisa mendapat tips dan trik terkait pekerjaan yang diimpikan. Kamu bisa terus berkomunikasi dengan mereka melalui LinkedIn agar lebih sopan dan mendapat update lowongan pekerjaan langsung dari mereka. Keberhasilan pencarian kerja melalui jalur referensi memiliki kemungkinan diterima lebih besar ketimbang saat kita melamar langsung pada job portal. Proses perekrutan yang berlangsung juga jauh lebih efisien, tidak akan memakan waktu lama.

3) Mendapat Pengalaman Kerja yang Nyata

By: Firmbee.com

Pada informasi 'loker', sering tertulis persyaratan terkait pengalaman bekerja. Bila Kamu fresh graduate, kemungkinan besar pasti belum berpengalaman, maka mengikuti internship adalah salah satu cara yang tepat untuk buktikan Kamu bisa bekerja. Dengan riset terlebih dulu, Kamu bisa magang di perusahaan idaman, pilih bidang pekerjaan yang Kamu kuasai dan selesaikan proses internship secara bertanggung jawab. Biasanya setelah magang akan diberikan sertifikat, atau Kamu juga bisa membuat portofolio hasil magang. Pakai bukti magangmu sebagai pelengkap dokumen kerja saat melamar, ya. Banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan berpengalaman karena mereka dianggap sudah terbiasa dengan situasi lingkungan kerja yang penuh tantangan, dan dapat bekerja sama dengan berbagai pihak sehingga beban pekerjaan yang ditugaskan bisa diselesaikan tepat pada waktunya.

4) Gain Confidence to Build Future Career 🙌

By: Bruce M.

Setelah melalui internship, Kamu menjadi lebih percaya diri dan semakin semangat untuk menghadapi dunia kerja yang berada di luar zona nyaman Kamu sebelumnya. Kamu bisa memahami ekspektasi sebenarnya atas pekerjaan yang kamu inginkan, mungkin baik itu lifestyle atau skill apa saja yang cocok untuk menggeluti pekerjaan tersebut. Sebaiknya sesuaikan dengan kemampuan dari dalam diri dan goal yang Kamu miliki dalam hidup agar nantinya tidak menyesal bekerja di bidang tersebut. Manfaatkan dan atur prioritas sebaik mungkin agar uang dan waktu yang Kamu gunakan bisa selalu bermanfaat untuk membangun karir masa depanmu. Lalu hal yang tak kalah penting saat magang adalah Kamu secara tidak langsung memahami bagaimana work culture bisa mempengaruhi proses bekerja. Setiap perusahaan, baik itu startup atau perusahaan multinasional, pasti memiliki cara kerja yang berbeda sesuai kepentingan bisnis masing-masing. Lulus dari internship adalah bekal awal yang Kamu miliki, setelah itu teruslah semangat dan selalu belajar di perusahaan mana pun agar masa depan yang Kamu impikan bisa tercapai. Good luck! 😊