Meraih sukses melalui jalur freelance bukanlah hal yang mustahil. Sama halnya pekerjaan kantoran, freelance adalah pekerjaan yang menjanjikan. Dengan menjadi pekerja lepas, kita bisa mencukupi kebutuhan sehari-hari dan bahkan mampu mewujudkan semua wishlist yang kita miliki selama ini. Ada beberapa strategi penting yang menjadi kunci keberhasilan freelance, dari yang gratis sampai berbayar. Siapa pun bisa freelance, namun hanya sedikit yang benar-benar bisa menghasilkan dalam jangka panjang. Penting bagi pekerja lepas untuk konsisten mengembangkan diri melalui berbagai projek, namun ada baiknya mereka mulai investasi sedikit uang untuk portofolio online agar personal branding mereka menjadi lebih baik. Berikut kami rangkum cara meraih keuntungan freelance puluhan juta per bulan untuk Anda yang ingin membangun masa depan lebih baik. Semoga bermanfaat, ya 😊

Beli domain .Com & shared hosting sesuai kebutuhan

By: Wikipedia

Saat ini .Com adalah salah satu domain yang paling banyak digunakan di internet. Domain ini sangat cocok bagi siapa pun yang ingin membuat website untuk tujuan komersial. Dengan memakai .Com, portofolio Anda bisa lebih stand out dan nampak profesional. Untuk langkah awal pada website, Anda bisa buat landing page sederhana berisi informasi kontak yang aktif dan bisa juga cantumkan logo sesuai bidang bisnis. Bila sudah pernah mengambil projek, pilihlah beberapa projek terbaik dan cantumkan pada laman website agar meningkatkan trust para klien terhadap Anda.

Kalau Anda tidak paham coding, Anda bisa memakai jasa shared hosting untuk mengelola website. Sekarang sudah banyak penyedia hosting di pasaran yang biayanya terjangkau, bahkan pelajar pun dapat dengan mudah menggunakan jasanya. Dengan pakai shared hosting, nantinya Anda bisa tinggal fokus mengatur konten website Anda agar kelihatan lebih kredibel.

Bangun website portofolio dengan free template dan Webflow

By: Panka

Cara mudah pertama untuk membangun website adalah dengan memakai template gratis. Bagi para pemula, template siap pakai sangat berguna karena biayanya murah, proses pengerjaan cepat serta desain tampilan yang dihasilkan sudah teruji berkualitas dan bisa responsif untuk versi mobile. Ada banyak penyedia template seperti Website Builder BWA yang bisa jadi cara praktis namun bermanfaat bagi Anda yang ingin membuat website cepat dengan desain terkini agar bisa menarik perhatian para klien dari seluruh dunia.

Nah untuk Anda para desainer, mungkin akan lebih tertarik untuk membuat website dari desain milik Anda pribadi dengan bantuan Webflow. Desain website yang original dapat menunjukkan daya tarik tersendiri di mata klien, dan dengan Webflow Anda tidak perlu repot-repot lagi untuk mengurus back-end website. Anda hanya fokus mendesain, dan Webflow yang akan melakukan coding sekaligus hosting untuk website Anda. Mudah bukan membuatnya? 😉

Cantumkan link website pribadi di Upwork atau Fiverr

By: Domenico Loia

Setelah berhasil membangun website, mulailah bergabung pada platform pencarian kerja khusus freelance seperti Upwork dan Fiverr. Pada situs ini, banyak sekali praktisi di bidang kreatif yang mencari kesempatan remote working diantaranya penulis, graphic designer, hingga web developer. Untuk para pemula, mulailah dari melengkapi profil pada situs secara lengkap, dan tunjukkan kredibilitas dengan menyertakan link website portofolio agar calon klien bisa melihat track record pengalaman kerja Anda. Supaya mendapat klien dengan prospek yang bagus, Anda bisa memilih untuk berlangganan pada situs tersebut, tentunya disesuaikan dengan budget Anda, ya.

Agar memudahkan proses pencarian kerja, ada baiknya Anda memahami bahasa Inggris dan cara pitching yang baik dan benar. Anda bisa mempelajarinya di BuildWith Angga, YouTube, atau sumber belajar lainnya. Kemampuan komunikasi yang baik tidak hanya berguna untuk proses perekrutan, namun juga saat proses kerja berlangsung hingga projek berhasil diselesaikan. Bila klien merasa cocok dan puas, Anda bisa terus bekerjasama dengan mereka dalam jangka panjang.

Bangun real-time project bersama tim

By: Leon

Saat membangun portofolio, Anda harus bisa menampilkan semua skill yang Anda miliki agar klien mengetahui sejauh mana projek yang bisa Anda ciptakan. Bila Anda seorang Full Stack Developer, Anda bisa langsung menunjukkannya melalui fitur-fitur pada website portofolio. Fitur tersebut harus memiliki UI yang menarik dan dapat diakses langsung oleh klien saat sedang menjelajahi website Anda. Lalu yang tak kalah penting, selalu cantumkan update projek yang telah Anda kerjakan, terutama projek kompleks yang membutuhkan tim untuk pengerjaannya. Hasil projek untuk klien bisa Anda taruh juga di portofolio dan ceritakanlah proses behind the scene agar klien memahami pola pikir dan cara kerja Anda.

Dengan semakin sering bekerja bersama orang-orang dari berbagai spesialisasi, Anda berarti memperluas koneksi dan meningkatkan berbagai skill yang Anda miliki. Kedepannya Anda bisa menjadi pribadi yang lebih profesional, mampu menghadapi situasi kerja freelance apa pun. Dan tentunya pekerjaan Anda akan terasa lebih efisien dengan hasil yang jauh lebih memuaskan.