Hello people with the spirit of learning! Selain melakukan testing pada emulator, dalam pengembangan aplikasi mobile juga diperlukan testing pada Real Device atau perangkat nyata. Supaya, kita bisa merasakan apa yang nantinya akan dirasakan oleh pengguna setelah aplikasi tersebut rilis.

Pada artikel kali ini, kita akan belajar bagaimana cara menghubungkan aplikasi yang kita buat menggunakan Flutter pada Real Device.

Step 1: Melakukan Pengaturan Pada Smartphone Kamu

Hal pertama yang harus dilakukan adalah, melakukan pengaturan (Settings) pada smartphone yang ingin kamu gunakan. Caranya:

1. Pilih menu Settings atau Setelan pada smartphone kamu.

2. Pilih Additional Settings atau Setelan Tambahan.

3. Pilih Developer options.



0

4. Aktifkan USB debugging pada menu Debugging.

Step 2: Membuka Project Flutter

Setelah mengatur pengaturan pada smartphone kamu, langkah berikutnya adalah membuka project Flutter yang telah kamu buat. Misalnya disini project flutter yang digunakan diambil dari repository github https://github.com/rifqieh/fintech_pay.

Step 3: Menjalankan Pada Real Device

Langkah berikutnya adalah menjalankan aplikasi pada smartphone kamu.

1. Pertama-tama klik Run, kemudian pilih Start Debugging.

2. Kemudian pilih device yang ingin digunakan. Misalnya disini saya memilih Mi 9T Pro.

3. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Jika sudah selesai, tada!! hasilnya akan seperti gambar berikut:

Bagaimana? mudah bukan!

Jika kamu tertarik untuk mempelajari Flutter lebih lanjut, kamu bisa mengikuti kelas Flutter Apps Development - Membuat Aplikasi Cari Kos. Pada kelas itu kita akan belajar membuat aplikasi menggunakan Flutter dengan studi kasus pemesanan kos-kosan secara online, yaitu mulai dari implementasi desain yang sudah disediakan, menambahkan consume API, dan juga menguploadnya ke Play Store agar orang lain dapat mencobanya.