Mengenal Prototype Pada Design dan Software Development

Apabila kamu bekerja sebagai designer, developer, atau marketer di perusahaan IT. Tentunya kamu sudah tidak asing dengan yang namanya prototype, kita akan coba membahas apa itu prototype serta manfaat membangun sebuah prototype.

Ketika memiliki sebuah ide yang kita pikir dapat membantu jutaan manusia di dunia, misalnya sebagai contoh ingin membantu orang-orang menemukan taksi terdekat secara online melalui smartphone kesayangan, maka sebelum mengerjakan koding, bisa dimulai membuat sebuah prototype terlebih dahulu untuk digunakan usability-testing dengan calon pengguna aplikasi.

Mengenal apa itu prototype

Hadirnya prototype dapat memberikan manfaat besar bagi kesuksesan perusahaan, karena prototype ini adalah sebuah rancangan awal dari aplikasi atau website yang akan dibangun oleh tim designer dan developer. Prototype memiliki fitur-fitur utama dari produk yang nantinya akan digunakan oleh target pengguna oleh perusahaan tersebut. Setelah prototype selesai dilakukan uji coba maka perusahan akan mendapatkan feedback bermanfaat bisa meningkatkan prototype tersebut.

Manfaat utama membuat prototype

Startup atau perusahaan yang tidak memiliki budget besar memilih untuk membangun prototype terlebih dahulu dibandingkan harus final product, berikut adalah penjelasannya.

Hemat waktu dan budget perusahaan

Prototype dari projek website atau aplikasi tidak membutuhkan usaha dan budget besar untuk dapat diselesaikan, bahkan biasanya tim designer hanya mendesain wireframe sederhana, nantinya akan dijadikan sebagai prototype untuk usability-testing.

Less effort, easy to modify

Wireframe dan prototype hanya dijadikan sebagai acuan utama inti projek, apabila ada kesalahan yang perlu diperbaiki maka tidak membutuhkan usaha besar, hanya cukup diubah saja pada software design yang digunakan misalnya Figma.

Minimum viable product (MVP)

Perusahaan ingin memvalidasi ide bisnis mereka melalui prototype, pada prototype ini biasanya sering disebut sebagai minimum viable product. Jika prototype tersebut dibangun lalu hasilnya berhasil dan memberikan traction tinggi, maka perusahaan siap berinvestasi lebih besar untuk mengembangkan prototype tersebut.

Presentasi kepada investor

Prototype telah dibuat dengan baik dan memberikan traction yang tinggi, maka prototype tersebut bisa digunakan untuk mendapatkan investasi besar oleh venture capital. Tanpa adanya prototype maka venture capital tidak tertarik berinvestasi pada perusahaan kita.

Beberapa contoh prototype

Pahami prototype menjual berikut bisa kita buat sebagai designer atau developer dalam membantu perusahaan memvalidasi ide bisnis mereka sebelum mendapatkan investasi besar.

Paper prototype

Mengenal Prototype Pada Design dan Software Development
contoh paper prototype aplikasi mobile

Paper prototype sering dibuat ketika meeting bersama dengan stakeholder dan C-Level pada perusahaan, paper prototype sangat cocok apabila kita tidak memiliki banyak waktu dan ingin fokus kepada core projek tersebut.

Low-fidelity prototype

Setelah membuat paper prototype biasanya atasan meminta dilanjutkan ke software design seperti Figma, kita dapat mendesain low-fidelity prototype menggunakan Figma dengan mudah lalu dibagikan kepada stakeholder projek tersebut.

High-fidelity prototype

Pada high-fidelity prototype designer dapat memberikan sentuhan visual design yang menarik seperti segi warna, typography, margins, paddings, animation, dan lainnya. Biasanya high-fidelity prototype digunakan untuk usability-testing kepada calon target pengguna.

Mengenal Prototype Pada Design dan Software Development
contoh high-fidelity prototype untuk usability-testing

Kesimpulan membuat dan memiliki prototype

Bisnis tidak selalu naik, pasti akan turun juga. Perusahaan wajib melakukan research and development pada ide-ide bisnis terbaru, lalu bisa dieksekusi dengan cara membuat prototype demi menghemat waktu dan budget.

Namun perlu diingat juga ketika design prototype, perlu diperhatikan UI UX design prototype tersebut demi mendapatkan hasil yang baik setelah melakukan usability-testing dengan prototype tersebut. Well, good luck dalam membuat protoype.