2023 UI UX Mobile Design Trends Untuk Dipelajari

Penggunaan smartphone sudah tidak hanya sebagai alat untuk berkomunikasi, kita bisa menggunakannya untuk membantu melakukan kegiatan sehari-hari, seperti belanja online, entertainment, belajar, membayar tagihan, dll. Maka dari itu, sebagai seorang UI/UX Designer, kita harus tetap up to date dalam mendesain sebuah user interface untuk mobile app design. Selain itu, dengan tetap up to date, kita dapat selalu mengasah skill desain kita dan lebih mudah untuk mendapatkan klien karena desain kita lebih eye catching jika mengikuti trend pada saat itu.

2023 UI UX Mobile Design Trends Untuk Dipelajari

Berikut ini beberapa trend untuk mobile app design di tahun 2023:

1. Dark Mode

UI UX Design pada Finance App menggunakan Dark Mode oleh Nishar Multani
UI UX Design pada Karaoke Integration App menggunakan Dark Mode oleh Hariansyah

Dark mode masih menjadi salah satu trend desain untuk mobile apps sampai tahun ini. Ciri dari desain dark mode bisa kita ketahui dari background nya yang berwarna gelap dan tulisan teks berwarna terang atau biasanya putih.

2. Brutalism

Brutalism UI UX Design pada Karaoke Integration App oleh Hariansyah
Brutalism UI UX Design pada Task Management App oleh Dhira Danuarta

Brutalism merupakan trend desain yang berlawanan dengan minimalism design. Desain brutalism menggunakan warna-warna yang mencolok untuk menambahkan kontras dan menghasilkan banyak visual sehingga dapat menarik perhatian user.

3. 3D Objects

3D Obejcts dalam UI UX Design pada Digital Museum App oleh Lay
3D Objects dalam UI UX Design pada Healthcare Technology App oleh Adhiari Subekti

Trend menambahkan 3D objects pada desain mobile, membuat desain kita terlihat fun dan lebih eye catching dari pada desain lain, sehingga kita memiliki kesempatan lebih untuk mendapatkan calon klien. 3D objects ini bisa kita buat dengan Blender 3D, Spline ataupun kita dapatkan dari sumber-sumber penyedia assets seperti IconScout.

4. Augmented Reality (AR)

Penambahan Fitur AR pada UI UX Design AR Art Gallery oleh Padhang Satrio
Fitur AR pada UI UX Design AR Shopping Mobile App oleh Fireart Studio

Dengan mengimplementasikan AR pada desain kita, ini akan membuat desain kita semakin interaktif dan lebih menarik user untuk menggunakan aplikasi yang kita desain.

5. Voice User Interface (VUI)

VUI UI UX Design pada Smart Home App oleh Rifat Sarkar
VUI UI UX Design pada Language Translator App oleh 300Mind UI/UX

Fitur voice search semakin populer bersamaan dengan penggunaan voice assistant seperti Google Assistant, Alexa, dan Siri yang semakin tinggi. Selain digunakan untuk voice assistant fitur voice search ini juga membuat aplikasi kita semakin interaktif dan mudah digunakan.

6. Wearables

Wearables UI UX Design untuk Run Tracking oleh Deva Melvin
Wearable UI UX Design untuk Recording oleh Brahmjit Singh

Desain untuk wearables seperti smartwatch akan semakin populer karena dapat kita ketahui penggunaan smartwatch semakin meningkat tiap tahunnya. Untuk mendesain wearables banyak yang harus kita perhatikan seperti ukuran, layout, gesture, dll.

Kesimpulan

Tidak ada salahnya, kita sebagai seorang UI/UX Designer untuk mengikuti trend-trend desain yang sedang hits saat ini. Karena dengen mengikuti trend desain, kita dapat selalu mengasah skill desain kita dan juga menambah kesempatan kita untuk mendapatkan calon klien.

Terima kasih sudah membaca artikel ini. Silahkan bagikan artikel ini jika bermanfaat ya.. 👋